Kamis, 07 Mei 2009

How to "understanding her...."


Salam super....
Hubungan antara Lelaki dan perempuan memang selalu menarik untuk dibicarakan. pada posting kali ini. Naryo sajikan tips-tips untuk memahami perasaan pasangan anda. semoga bermanfaat. dan jangan lupa komentarnya.....

Perempuan membutuhkan perhatian sedangkan Laki-laki membutuhkan kepercayaan

Saat laki-laki memperlihatkan minat terhadap perasaan-perasaan perempuan dan menunjukkan kepedulian mendalam akan kesejahteraan perempuan itu, maka si perempuan akan merasa dicinta dan diperhatikan. Dengan membuat si perempuan merasa istimewa dengan cara yang penuh cinta, lelaki itu berhasil memuaskan kebutuhan primernya yang pertama. Tentu saja si perempuan akan semakin mempercayainya. Rasa percaya ini membuatnya lebih terbuka dan lebih mudah menerima.
Bila perempuan menunjukkan sikap terbuka dan mudah menerima terhadap laki-laki, laki-laki itu merasa dipercaya. Mempercayai pria berarti meyakini bahwa ia melakukan yang terbaik dan bahwa lelaki tersebut tentu menginginkan yang terbaik bagi pasangannya. Bila reaksi-reaksi si perempuan mengungkapkan kepercayaan positif terhadap kemampuan dan niat laki-laki, kebutuhan cinta utama lelaki pun akan terpuaskan. Otomatis lelaki itu jadi penuh cinta dan perhatian terhadap perasaan-perasaan dan kebutuhan si perempuan.

Perempuan membutuhkan pengertian sedangkan lelaki membutuhkan penerimaan

Bila laki-laki mendengarkan tanpa menghakimi, melainkan dengan empati dan kedekatan terhadap perempuan yang sedang mengungkapkan perasaan-perasaannya, perempuan itu merasa didengarkan dan dipahami. Sikap penuh pengertian tidak berarti mengetahui pikiran atau perasaan seseorang, melainkan berusaha mengumpulkan makna-makna dari apa yang didengar, dan bergerak untuk membenarkan apa yang disampaikan. Semakin terpenuhi kebutuhan perempuan untuk didengarkan dan dimengerti, semakin mudah baginya untuk memberi penerimaan yang dibutuhkan pasangannya.
Bila perempuan dengan penuh cinta menerima lelaki tanpa berusaha mengubahnya, laki-laki itu merasa diterima. Sikap menerima itu tidak menolak, melainkan menegaskan bahwa lelaki itu diterima dengan gembira. Ini tidak berarti si perempuan yakin bahwa lelaki itu sempurna, melainkan memperlihatkan bahwa ia tidak mencoba memperbaiki laki-laki itu, bahwa ia mempercayai si lelaki untuk membuat perbaikan-perbaikan sendiri. Setelah merasa diterima, lebih mudah bagi lelaki untuk mendengarkan dan memberi perempuan pemahaman yang dibutuhkan dan layak diterimanya.

Perempuan membutuhkan rasa hormat sedangkan lelaki membutuhkan penghargaan

Perempuan merasa dihormati bila lelaki menanggapinya dengan mengkui dan mengutamakan hak-hak, harapan, dan kebutuhan-kebutuhannya. Bila tingkah laku lelaki itu mempertimbangkan pikiran-pikiran dan perasaan-perasaannya, perempuan tersebut pasti merasa dihormati. Ungkapan-ungkapan rasa hormat fisik dan nyata, seperti dengan mengingat hari ulang tahunnya misalnya. Akan sangat penting untuk memuaskan kebutuhan cinta perempuan. Bila perempuan merasa dihormati, akan jauh lebih mudah baginya untuk memberi pasangannya penghargaan yang layak diterimanya.
Bila perempuan mengakui telah menerima manfaat dan nilai pribadi dari usaha-usaha dan tingkah laku lelaki, si lelaki jadi merasa dihargai. Penghargaan merupakan reaksi alami terhadap perasaan didukung. Setelah merasa dihargai, lelaki tau bahwa usahanya tidak sia-sia. Dengan demikian ia didorong untuk memberi lebih banyak. Pria yang merasa dihargai secara otomatis lebih bersemangat dan terdorong untuk lebih menghoramati pasangannya.

Perempuan membutuhkan kesetiaan sedangkan lelaki membutuhkan kekaguman

Bila lelaki mengutamakan kebutuhan-kebutuhan perempuan dan dengan bangga mendukung dan memuaskan si perempuan, kebutuhan cinta perempuan akan terpuaskan. Perempuan berkembang subur jika ia merasa dipuja dan istimewa. Lelaki dapat memenuhi kebutuhan ini dengan lebih mementingkan kebutuhan dan perasaan perempuan itu daripada minat-minatnya sendiri seperti pekerjaan, pelajaran, dan rekreasi. Jika si perempuan merasa dirinyalah yang terpenting dalam kehidupan lelaki itu, dengan mudah ia akan memberikan kekagumannya.
Seperti halnya perempuan perlu merasakan perhatian lelaki, lelakipun perlu merasakan kekaguman perempuan. Mengagumi lelaki adalah memandangnya dengan penuh kekaguman, rasa senang dan persetujuan yang menyenangkan. Lelaki merasa dikagumi jika perempuan gembira dan takjub akan sifat-sifat khasnya atau bakat-bakatnya yang mungkin mencakup rasa humor, keperkasaan, ketekunan, kejujuran, integritas, kemesraan, kebaikan hati, cinta, pengertian, dan sifat-sifat baik lain yang disebut nilai-nilai lama. Bila lelaki merasa dikagumi, ia akan merasa cukup aman untuk membaktikan diri bagi pasangannya dan menyanjungnya.

Perempuan membutuhkan penegasan sedangkan lelaki membutuhkan persetujuan

Bila lelaki tidak keberatan atau menentang perasaan dan kebutuhan perempuan, melainkan menerimanya dan menegaskan keabsahannya, perempuan akan betul-betul merasa dicintai. Sikap mengesahkan lelaki menegaskan perempuan untuk merasa sebagaimana dirasakannaya. (perlu diingat, Lelaki dapat menghargai sudut pandang perempuan, meski ia sendiri mempunyai sudut pandang berbeda). Setelah lelaki belajar menunjukkan pada perempuan sikap mengiyakan ini, lelaki itu pasti memperoleh persetujuan yang terutama dibutuhkannya.
Jauh di dalam lubuk hatinya, setiap lelaki ingin menjadi pahlawan atau kesatria berkuda putih bagi para perempuan. Tanda bahwa lelaki telah lulus ujian seoraang perempuan adalah persetujuannya. Sikap menyetujui ini berupa pengakuan atas kebaikan dalam diri si lelaki dan mengungkapkan kepuasan menyeluruh terhadap lelaki ini. (ingat, memberikan restu kepada lelaki tidak lalu berarti sependapat dengannya). Sikap menyetujui berarti mengakui atau mencari alasan-alasan yang baik dibalik apa yang dilakukan lelaki itu. Setelah lelaki menerima persetujuan yang dibutuhkan, jadi lebih mudah baginya untuk menghargai perasaan-perasaan si perempuan.

Perempuan perlu jaminan sedangkan lelaki perlu dorongan

Bila lelaki berulang-ulang memperlihatkan bahwa ia memperhatikan, memahami, menghormati, menghargai, dan menyayangi pasangannya, kebutuhan utama pasangannya untuk diyakinkan telah terpenuhi. Sikap meyakinkan membuat perempuan merasa senantiasa dicintai.
Lelaki umumnya membuat kekeliruan dengan menganggap bahwa sekali ia telah memenuhi semua kebutuhan cinta primer pasangannya. Dan pasangannya merasa bahagia dan aman. Maka sejak saat itu pasangannya harus tahu bahwa ia dicintai. Padahal ini tidak cukup. Untuk memuaskan kebutuhan pasangannya, lelaki harus ingat untuk meyakinkannya berulangkali.
Demikian juga, lelaki terutama merasa perlu mendapat dorongan dari perempuan. Sikap membesarkan hati dari perempuan bisa memberi harapan dan keberanian kepada lelaki. Perempuan dapat mengungkapkan kepercayaan akan kemampuan-kemampuan serta watak si lelaki. Sikap mengungkapkan kepercayaan, penerimaan, penghargaan, kekaguman, dan persetujuan mendorong lelaki untuk menjadi pribadi yang sebaik-baiknya. Karena merasa berbesar hati, lelaki terdorong untuk memberi kepada perempuan jaminan penuh cinta yang dibutuhkan.
Lelaki dapat menampilkan sisinya yang terbaik setelah kebutuhan-kebutuhan cinta primernya. Tapi kadang-kadang perempuan tidak tahu apa yang terutama dibutuhkan lelaki. Ia memberikan cinta penuh perhatian, bukannya cinta penuh kepercayaan.

Based on Men are From mars and Women Are From Venus by Jhon Gray

1 komentar: